Bungo  

Bupati Bungo Lantik 7 Rio Dalam Kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang Sekaligus, Berikut Nama Dan Gelar Adatnya.

Bmcnewss.com,Bungo-Bupati Bungo H. Mashuri SP, ME kembali melantik Rio (Kades) terpilih periode 2022-2028 yang ada di kabupaten Bungo, provinsi (Jambi) , kali ini ada 7 Rio dalam kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang yang dilantik.

Bupati Bungo H. Mashuri SP, ME sa’at mengambil sumpah jabatan kepada 7 Rio di kecamatan Limbur Lubuk Mengkuang. 

Acara pelantikan dan pengukuhan gelar adat diselenggarakan di lapangan sepak bola, dusun Tebo jaya, Kecamatan Limbur lubuk mengkuang, Kabupaten Bungo, Kamis(25/08/22).

Pemberian gelar adat kepada 7 Rio oleh Lembaga Adat Melayu Bungo.

Diawali dengan Ummul Qur’an dilanjutkan dengan sumpah jabatan yang diambil oleh Bupati Bungo, serta menandatangani fakta integritas Rio, dan di lanjutkan dengan Pelantikan TP PKK dalam 7 dusun yang ada di Kecamatan limbur Lubuk mengkuang, di lanjutkan dengan pengukuhan gelar adat oleh ketua lembaga adat kecamatan Limbur lubuk mengkuang, dilanjutkan dengan penyerahan kepala kerbau dari 7 Datuk Rio kepada Bupati Bungo.

Berikut nama-nama gelar adat yang di berikan oleh ketua lembaga adat kecamatan Limbur lubuk mengkuang kepada 7 Datuk Rio diantaranya.

1. Zulkarya Datuk Rio dusun Tebo jaya di beri gelar adat sebagai Rio Setio.
2. Sumar K. Datuk Rio Dusun Tanjung Bungo di beri gelar adat sebagai Rio Pengabih.
3. Zubir R. Datuk Rio Dusun Rantau Tipu di beri gelar adat sebagai Rio Pamuko.
4. Adi Agusnadi Datuk Rio Dusun Sekar mengkuang di beri gelar adat sebagai Rio Bungsu.
5. Andi Arisma Datuk Rio Dusun pemunyian di beri gelar adat sebagai Rio temanggung
6. Zulwajdi (PAW) Datuk Rio Dusun Pauh Agung di beri gelar adat sebagai Rio Manaro
7. Abdul Rosid (PAW) Datuk Rio Lubuk Tanah Reban di beri gelar adat sebagai Rio Mudo Gubalo.

Dalam pelantikan Datuk Rio ini terdapat 2 Dusun yang di Lantik sebagai pengantar antar waktu (PAW) oleh Bupati Bungo yakni dusun Pauh agung dan dusun lubuk tanah terban.

Mewakili Bupati Bungo H. Mashuri SP, ME, wakil bupati Bungo H. Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd dalam sambutannya wabup mengucapkan, selamat kepada 7 Datuk Rio dalam kecamatan Limbur lubuk mengkuang periode 2022-2028. Semoga habis dilantiknya Datuk Rio sebagai pemimpin dusun bisa membawa dusunnya maju dan bekerja sama dengan perangkat desa dan masyarakat.

“Selamat kepada Datuk Rio yang di Lantik hari ini, ini mulai awal Datuk Rio bekerja untuk masyarakat nya dusun masing-masing,” kata Wabup.

Wabup meminta kepada Datuk Rio yang dilantik hari ini bisa bekerja dengan semaksimal mungkin, kalau ragu silahkan konfirmasi ke camat atau pihak kallbupaten dalam hal ini dinas PMD sebagai leading sektor.

“Bekerja lah dengan ikhlas, insha Allah apa yang kita kerjakan akan membawa berkah kepada masyarakat yang di berikan oleh Allah SWT,”Kata wakil Bupati Bungo dalam sambutannya.

Para Datuk Rio tadi sudah di sumpah yang disaksikan seluruh masyarakat dan disaksikan oleh Allah swt, semoga sumpah tersebut tidak dijadikan mainan oleh para Rio ini.

“Sumpah tadi bukan main -main selain disaksikan oleh ratusan masyarakat, sumpah tersebut juga disaksikan oleh Allah SWT, oleh karena itu saya meminta kepada Datuk Rio bekerja samalah antara Datuk Rio dengan perangkat dusun serta masyarakat, agar pembangunan dusun yang kita pimpin ini bisa maju lebih baik lagi,”Ucap Wabup.

Sementara itu camat Limbur Lubuk Mengkuang Putra Buana berharap agar Rio yang sudah dilantik hari ini dapat mengakomodir keinginan masyarakat lewat APBDUS.

“Penggunana’an DD benar-benar sesuai dengan kebutuhan masyarakat dusun, dan mendahulukan apa yang menjadi prioritas” ucapnya.

Hadir dalam pelantikan tersebut wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto, Anggota DPRD Bungo dari Fraksi PKS Dharmawan F. Danramil, Kapolsek Limbur lubuk mengkuang, staf ahli Bupati, asisten, kepala OPD,para Kabag, camat Se Kabupaten Bungo, ketua TP PKK, ketua GOW, ketua DWP, wakil ketua lembaga adat Kabupaten Bungo ,Datuk Rio se kecamatan Limbur lubuk mengkuang, ketua BPD beserta perangkatnya, serta masyarakat dusun limbur Lubuk mengkuang(Bnewss/Red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *